Minggu, 25 Maret 2012

Carport Batu Sikat

Carport batu sikat.banyk tukang atau pekerja yang bisa tetapi kurang memuaskan kadang batu atau pola tidak kelihatan,tetapi kami menjamin dan mengaransi pabila batu dan pola kurang jelas,,,,



Dalam menentukan desain carport banyak hal yang harus diperhatikan, tidak hanya keserasian desain carport dengan desain rumah.

Tapi kita juga harus memperhatikan material yang akan kita gunakan untuk membuat  lantai carport.

Seperti yang sudah kita ketahui, lantai carport tidak hanya harus kuat dan kokoh tapi juga harus bisa mengalirkan air cucian mobil dan juga harus terbuat dari bahan yang tidak licin.

Salah satu bahan yang memenuhi kriteria untuk dijadikan lantai carport adalah material yang terbuat dari batu alam.








































































































 

























































































Lantai carport dengan batu alam tidak hanya akan membuat carport aman untuk mobil kita, tapi juga mampu membuat catport tampak alami.


Lantai carport batu alam juga bisa dipadukan dengan material yang terbuat dari beton sikat. Jenis batu yang sering digunakan adalah batu koral dengan ukuran kecil.
Karena baisanya batu dengan ukuran kecil memiliki banyak pilihan warna dibanding dengan batu ukuran sedang.
Dan untuk perpaduan warnanya bisa mengombinasikan antara warna hitam dan hijau agar kesan alami yang ditimbulkan oleh kedua batu ini semakin nyata



Batu carport terbuat dari partikel-partikel batu kerikil ( batu batu kecil ) yang ditata sedemikian rupa hingga menjadi sebuah susunan pola yang dapat digunakan untuk menghiasilantaibatu ampyangan sangat sering digunakan sebagai pelapis permukaan carport/garasi,halaman rumah ( bagi mereka yang lebih menyukai taman kering ),teras,stepping dll.
yang pada dasarnya 
batu sikat dapat digunakan sebagai penghias sekaligus penutup suatu tempat ( khususnya lantai ) yang dianggap kurang enak dilihat agar tampak lebih indah dan lebih bernilai.
disini akan kami jelaskan beberapa hal mengenai ciri dan sifat dari 
batu ampyangan:

sisi positif:
batu ampyangan dapat digunakan sebagai penutup dan sekaligus penghias sebuah tempat yang dianggap kurang rapi.
- banyak pilihan warna dan ukuran sehingga kita lebih leluasa memilih mana yang kita sukai.
batu sikat dapat dipasang sesuai dengan imajinasi kita masing-masing. sehingga kian harikombinasi pemasangan batu sikat semakin bervariatif, hampir bisa   dikatakan pemasanganbatu sikat semakin ada-ada saja.
- elemen yang digunakan terdiri dari semen+pasir+
batu. hal ini yang menjadikan batu  sikat kuat dan tahan lama sekalipun terkena panas dan hujan.sehingga   batu sikat dapat dipasang diluar rumah.
- bahan yang digunakan terbuat dari 
alam, warna asli batu tidak akan luntur sampai kapanpun, hanya kecuali jika tertutup kotoran.
- tidak licin, 
batu sikat terdiri dari jutaan partikel-partikel lepas yang disusun serapat mungkin. banyak terdapat rongga yang berada disela-sela batu (   atau yang sering disebut nat ) yang berjarak hanya dengan hitungan centimeter hal ini yang menjadikan batu sikat tidak licin.
- dalam hal pembersihan. batu sikat tergolong tidak rewel dan mudah dibersihkan dari berbagai macam kotoran antara lain: lumut,debu,kotoran dari campuran   semen pasir, flek hitam bekas ban dll, kecuali cat,oil zat kimia yang mengandung kadar asam basa yang tinggi.
cara pembersihannyapun sangat mudah ada beberapa cara untuk membersihkannya.
bisa disemprot menggunakan air dan apabila sudah mengerak bisa dilakukan dengan cara menyikat ( dengan sikat plastik/sikat baja ),bisa juga dibersihkan     dengan menggunakan cairan asam klorida ( hcl )


Sisi positif batu carport.
- batu sikat merupakan jenis pemasangan yang permanen dan tidak bisa menyerap air khususnya diwaktu hujan. jadi apabila ingin memasang batu sikat dalam     jumlah banyak sangat diperlukan sanitasi yang memadai supaya air tidak menggenang dan bisa langsung terserap habis.
- sering terdapat retak rambut dalam kurun waktu kurang dari 2tahun.

- terkadang sulit mendapatkan pekerja yang mampu memasang batu sikat ini dengan benar.jika tidak terpasang dengan benar, batu akan tenggelam dan tidak akan   nampak rapi kepermukaan,selain hal tersebut biasanya batu sikat juga mudah lepas, pertemuan antar warna yang kurang rapi dan masih banyak lagi yang     lainnya. apabila terjadi hal demikian maka pembuatan batu sikat bisa dikatakan gagal dan harus membuat ulang ( karena sifatnya permanen dan tidak bisa       diubah ubah ).
- batu sikat sangat rentan terhadap benturan benda keras, yang mengakibatkan beberapa bagian batu pecah pecah dan bahkan bisa terlepas.

- batu sikat akan sangat sulit dibersihkan apabila terkena kotoran cat, oil, pewarna dan cairan kimia yang terlalu keras. karena cairan akan masuk kedalam     pori-pori batu maupun kedalam nat yang akan mempengaruhi warna asli dari 
batu alam tersebut.









Adapun cara cara merawat batu sikat agar tetap awet:

- sering disemprot untuk menghilangkan kotoran debu, yang kalau dibiarkan lama lama bisa membuat warna menjadi kusam.
- apabila warna kusam lakukan pembersihan dengan air ditergen dengan sambil disikat
- jangan terlalu sering memcuci batu sikat dengan menggunakan hcl dan sikat baja. dan gunakan saja hanya bila perlu.
adapun caranya mencuci batu sikat dengan hcl: gunakan perbandingan 2air:1hcl ( dengan kadar asam 30%),mulai mencuci dari area yang paling tinggi,tuangkan   sedikit hcl dan sambil disikat ( gunakan sikat yang berbahan plastik ) setelah bersih langsung disikat dan disiram dengan air bersih.pastikan sampai   bersih, lakukan pencucian berikutnya.hindari membiarkan cairan hcl bekerja terlalu lama karena bisa   megakibatkan warna menjadi kuning karat, cucilah   sedikit demi sedikit lalu segera siram dan sikat dengan air sampai bersih. mencuci dengan hcl dilakukan untuk kotoran jenis: air semen yang sudah   mengering, finishing yang kurang bersih, warna kusam kerena debu yang mengerak atau juga karena pasangan sudah lama.
mencuci dengan hcl bisa mengakibatkan kulit terasa sedikit pedih, untuk penyembuhan siram bagian yang pedih tersebut dengan air sampai rasa pedih tersebut    hilang.ketika mencuci dengan hcl, tutup rapat dengan plastik jika terdapat:logam/besi,marmer,granit,meubel, dan jauhkan sementara dari kendaraan

sikat baja juga berfungsi menghilangkan kotoran yang sangat membandel seperti lumut yang sudah mengering, kejatuhan bekas adukan semen pasir yang sudah    terlanjur kering dan mengeras,cat,bekas ban yang sudah terlalu lama dibiarkan
cara kerja sikat baja ini adalah secara perlahan-lahan sikat baja akan mengelupas permukaan yang disikat sedikit demi sedikit, sehingga permukaan akan     terkikis dan berganti dengan permukaan baru.
cara menyikat dengan sikat baja: pilih bagian tertentu saja, yang terkena kotoran membandel. sikat dengan sikat baja tersebut sampai bersih, ada 2 macam     jenis sikat baja antara yang berbulu lembut dengan yang berbulu kaku/berbiji besar. sesuaikan dengan kebutuhan.
- agar lebih awet, sebaiknya batu sikat jangan dicoating. coating menggunakan bahan resin yang apabila kering akan membentuk sejenis lapisan plastik. karena   terletak dibawah dan sering dilewaati, maka suatu saat kotoran akan melekat erat paada permukaan plastik tersebut, sehingga kotoran akan sulit dihilangkan.
               



By: Andre jhanboel 

      Hp: 085 242 151 396 

  Flexy: 0411 538 9821       

  Email; Andrejhamboel.yahoo.com



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar